Masih Berlanjut Aja Phobianya

S : supervisor; N : gw

Dinas 1

S : Nyr…mau ke Bali gak? (sambil nunjukin undangan ke gw)

N : Emang siapa yang harus pergi bu?

S : senyam-senyum-senyam-senyum

N : Buahahaha….*lanjut ngikik bareng, kodeeeee….

S : Kamu aja ya Nyr

N : Ibu aja deh….*lanjut ngikik lagi….

Bos gw yang satu lagi kebingungan liat kita ngikik-ngikik *wew….gak tau dia cerita kita

Dinas 2

S : Nyr, hari ini kamu dinas ke Jakarta ya….berangkat hari ini juga, entar sore

N : *gelagapan, gak ngerti juga kenapa disuruh dinas, tapi langsung jawab : “Aku lagi gak enak badan Bu, dari kemaren udah gak enak badan (hmm….ini beneran koq, gak bohong, tapi sebenernya gak sakit-sakit amat sih). Emang dinas buat apaan sih Bu?”

S : Buat ngurus urusan X, mesti datang langsung kesana, biar cepet. Ibu ini lagi sibuk, mesti ngurus persiapan nikah adek.

N : *pasang tampang lemes dan pura-pura batuk. “Iya bu, tapi aku lagi gak enak badan”

S : Hoo……

*kodeeee……hahahaha…..sama-sama paham lah ya kita Bu….

******

Idih….ini mau sampai kapan sih gw ama supervisor gw saling lempar-lemparan dinas gini?

Eleuh….ternyata phobia naik pesawatnya kita masih berlanjut aje…..

Apalagi si Supervisor gw ini dah banyak banget pengalaman buruknya naik pesawat (selain yang pernah gw ceritain disini). Dia pernah kesiram teh sama Flight Attendant waktu cuaca buruk, pernah juga temennya sampe pingsan dan sakit jantungnya kumat waktu cuaca buruk. Apalagi terombang ambing di pesawat mah udah sering banget. Dia aja masih phobia….apalagi gw???

Gw butuh Uya Kuya deh kayaknya….tolong deh kita dihipnotis aja….biar gak takut lagi….Hiks….

Iklan

[EF#9] : Who Want To Meet Me Up?

Who Want To Meet Me Up?

IMG_1153I’m a newbie in a blogging world. Rarely writing , rarely blog walking, so I don’t know many bloggers and vise versa, of course many blogger don’t know me, too. Such a quiet busy one, right? Hahahaha….

I know, to evolve in such a intimacy, u have to intensively keep in touch each other right? Means u have to read “someone’s” journal (and put some comments) and “someone” also willingly read your journal. Meet up in Social Media make you feel close to each other and eager to know what the real life they have would be, so it will continue into Real Meat Up or “Kopdar”. But in my condition, right now, I don’t involve in any intimacy with anyone and of course my journal is not really “good” to read (most of my journals are junk stories). Nowadays my works and my son need full attention, so I rarely can grab actively in social media. When I need ‘me time” or something to redeem my stress, I do Blog walking or writing. This blog’s supposed to express my emotions, my story, my thought. Yeah…so far that’s the function of my blog. So…how could someone want to meet me?

Actually I Love Blog Walking, Many bloggers really inspire me : give me joyful, recharge my energy, provide me important information and tips. Wisdom says that you don’t have to be failed to learn something, u can learn from others’ failure. Nope, not only failure actually, even more, inspiring blogger really push me to live happier, more thankful (actually I’m less thankful, regret everything I got and I did), learn more and more, to do in better way, respect everyone’s thought and so on.

So….I’m biggest fan of you all fellas….

Let me thanks to all of you for the great stories you’ve shared…. really….

I Hope I can Meet You Someday

You, yes you….

[#EF8] : Dear Younger Me

Too late, but there’s still a hope to write.

***

10400531_16363984762_9184_nDear Me (For A 18th of age teenager. a freshman in a collage, a girl  with thousands hope and dreams)

I want to gratitude for all over you will do for next ten years had shaped me to be a better woman

You’ ll do so many mistakes, meanwhile you’ll learn much from all around matter : sorrow and rejoice

Sometimes you’ll hesitate doing any matter, I beg you please….this attitude will bring a big disaster for you

Please setting your own goal, capture your own self-defined-potrait, never imitate or follow the others’ path. It’s yours…your victory (although sometimes you’ll define it as a lost, but trust me it’s a victory, cause everything that had happened yesterday or today will conspire to make a better tomorrow, as long as you take every lessons and benevolence accompanied along your journey)

never ever palaver with your conscience, just follow it, it’s your Fitrah

Sometimes, the problems will scrape your confidence, don’t be such a coward or being despondent. Just face it, even you’ll pass it badly. I’ll always proud of you….

Thanks God for all the bounties

There will be looming over the brighter future, trust me….

I love U Much….

H : Bund, kita nikah tahun berapa sih?

B : Hayo tahun berapa? *hatiku teriris iris, koq bisa-bisanya lupa tahun nikah…eh tapi…siapa tau Habiyah cuma pura-pura nanya trus nanti mau kasih gw hadiah surprise gitu kaleee ya…siapa tau mau kasih hadiah batu akik kek, kan lumanjen…hehehe

H : Entah lah lupa… * doenk….

B : Tahun 2011 yah *sambil berharap dia bakal inget kalo Februari kemaren kita milad pernikahan

H : Hmm…berarti STR ayah udah habis (STR : Surat Tanda Registrasi, nomor registrasi dokter gitu…)

B : *Gleeek….campah blebek (opo iki kalo diterjemahin bahasa indonesianya ya….). Afah….cuma nanya tahun nikah buat ngecek STR??? Yahhh….gagal deh dapet batu akik…xixixixi

***

Misua gw itu yah…selalu lupa : lupa tanggal lahir anak, lupa tanggal pernikahan, lupa tanggal milad gw…

kuesel sih, sebagai perempuan normal (hahaha…macem gak normal aja), tiap tahun pasti donk berharap misua inget moment-moment begitu, berharap dapet surprise atau kado-kado lucu. Tahun pertama pernikahan : Februari nikah, Aprilnya dia milad dan jarak 6 hari kemudian gw milad, dia gak inget. Tahun kedua, gak inget juga. Tahun ketiga, gak inget juga. Dan sekarang di tahun keempat pernikahan, dia tetep gak inget juga. Buahaha…..ya udah lah yaaa….

Hmm…wajar aja sih dia lupa tanggal-tanggal itu, soalnya kita tiap hari celebrate the moment sih…

celebrate the moment “Habib tidur lebih cepet dan kita bisa nonton  tv bareng”

celebrate the moment “gw gak masak dan kita makan di luar”

celebrate the moment “Habiyah gak jaga malem dan kita bisa jalan-jalan ke mall”

dan momen-momen lainnya…..

Apalagi misua gw ini tipikal yang emang romantis dan baik setiap saat, jadi….gak perlu nunggu momen tertentu lah buat ungkapin cinta ke istrinya ini. ihihi….kalo gw mah tiap hari dibanjiri kalimat cinta dari misua : I Love U much, Miss U Much, Bunda Cantik…Bunda Pinter…..Masakannya enak…bla..bla…bla…

Gak bosen-bosen dia ngegombalin gw tiap hari. Gak cuma gombal sih, dia juga jago ngungkapin cinta lewat cara lain. Izin kemanapun dia pergi (bahkan buat pergi kerja yang gw lepas kepergiannya pun dia tetep sms begitu nyampe tempat kerja), pegang tangan dan genggam jemari gw (ihiy…bahasanya) sambil nyetir, cium hangat istrinya berkali-kali sepanjang hari, belai-belai lembut kepala dan punggung gw, mijitin gw.

Kalo Gw-nya???

Buahaha….Kaku…bookkk….cuma bisa bales “I Love U, too” jarang banget inisiatif buat bilang cinta duluan. Kadang Habiyah sampe ngambek karena sering banget gw cuekin. Jadi…kalo tiba-tiba gw sms duluan bilang “I Love U”, gw bakal dapet balesan begini “Ini Bunda bukan? Tumben…”

Untungnya walaupun gw orang yang pasif, pelit kemesraan dan kata cinta, Habiyah gak pernah bosen tuh menyatakan cinta dan kasih sayangnya….*Makasih ya Habiyah, plis atuh jangan bosen…..aku masih wanita yang haus pujian dan kasih sayang koq, xixixixi

Jadi….sebenernya yang harus kasih kado-kado di momen spesial itu, GW kan ya??? soalnya ungkapan cinta-nya cuma insidental….tapi tetep koq yah cintaku padamu gak insidental….

Every day, every minute and every mili sec

I Love U Much…

Happy Forth Wedding Anniversary

12 Februari 2015

*telat sih….emang sengaja, nunggu sampe Habiyah nyinggung-nyinggung sendiri tanggal pernikahan, dan walaupun akhirnya inget juga,  tapi sayang…gunanya buat perpanjangan STR…..hahaha

Tentang Toilet Training dan Weaning

Semenjak gak pake pospak lagi, Habib jadi suka pegang kemaluannya. Masuk fase anal.

Semenjak gak pake pospak lagi, Habib jadi suka pegang kemaluannya. Masuk fase anal nih

Alhamdulillah Habib udah lulus toilet training dan weaningnya sejak 2-3 bulan yang lalu. Walaupun, lulus toilet trainingnya masih dengan catatan, tapi udah Alhamdulillah banget. Metodenya? The Power of Communication and Love

Sebenernya jurnal kali ini untuk mengingatkan gw bahwa segala sesuatunya itu butuh proses, butuh perjuangan, butuh kesabaran dan butuh komunikasi yang tepat. Yah…kadang sebagai orang tua, kita selalu pengen anak kita mandiri secara cepet kan ya, kalo bisa tuh ya, si anak udah bisa makan sendiri, cebok sendiri, mandi sendiri, endesbla…endesble… tapi sebenernya itu semua butuh proses pengajaran dan pembelajaran yang panjang.

Weaning

Habis gw ngepos tentang masalah weaning Habib, secara ajaib tiba-tiba siangnya Habib jadi mau disapih. Setiap dia mau nenen dan buka-buka baju gw, gw cukup bilang “Habib sudah besar, enggak nenen lagi, Habib mau minum susu Mimi” (lagunya ngikutin irama lagu iklan salah satu produk pospak), dan dia dengan sendirinya jadi malu dan gak jadi nenen. Bukan hal yang tiba-tiba berhasil juga sih, butuh proses yang panjang, udah berbulan-bulan gw sounding ke Habib kalo dia udah gak boleh nenen lagi setelah umur dua tahun. Gw sempet frustasi karena sepertinya dia gak mempan disapih dengan metode komunikasi dan kayaknya dia gak denger apa yang gw sampein ke dia. Tapi ternyata enggak, anak-anak itu sebenernya mendengar loh apa yang kita sampaikan, apalagi berulang-ulang, cuma keberhasilannya tergantung konsistensi kita dan kesiapan si anak untuk menerima apa yang kita harapkan dan kita ajarkan.

Toilet Training

Setelah weaning berhasil, gw semakin yakin kalo gw bisa mengajarkan hal-hal lain lewat komunikasi. Termasuk mengajarkan toilet training. Frustasi di minggu pertama karena biasanya rumah bersih dan suci, tiba-tiba jadi sebentar-sebentar harus ngepel dan mensucikan lantai (hmmm…dalam islam antara suci dan bersih itu beda loh ya, jadi ngepelnya gak bisa seenaknya asal ba ancingnya ilang. Begitu juga dengan baj dan perkakas yang kena ompol, harus dibersihkan dan disucikan), belum lagi banyak cucian ompol menggunung. Gak cuma baju Habib yang kena ompol, tapi kursi, seprei (untung sekarang ada seprei anti ompol jadi gak sampe kena springbed), karpet, dan baju gw atau Habiyah yang diompolin. Kalo tiba-tiba ompolnya ngucur, gw rasanya pengen teriak “Bisa gak sih pipisnya di kamar mandi???”, hahaha. Tapi, lagi-lagi power of communication menyelematkan gw. Awalnya gw gak percaya toilet training ini bakal berhasil cepet, soalnya Habib sendiri masih gratakan kalo ke kamar mandi, maksudnya suka lelompatan, lari-larian dan main air kalo ke kamar mandi, jadinya gw udah horor duluan kalo ngajak dia ke kamar mandi, pasti gw bakal ngomel-ngomel sambil ngejerin dan megangin dia di kamar mandi dan akan berakhir dengan baju gw dan Habib yang jadi basah kuyup.Tapi kahirnya masa-masa sulit itu bisa gw lalui juga (eleuh…gaya…). Hmm…gw ceritain dikit metode toilet training Habib ya….

Setiap sejam sekali gw akan ajak Habib ke kamar mandi, sambil sounding ke dia kalo Pipis itu di kamar mandi. Awalnya sih dia cuma main air doank, dan baru pipis begitu keluar dari kamar mandi (hahaha). Sabar aja ya kalo mesti nongkrong lama di kamar mandi dan anak gak mau pipis. Terus aja sounding dan ajak ke kamar mandi setiap satu atau dua jam. Disini kita bisa mengamati jam biologisnya : tiap berapa jam dia pipis dan jarak dari minum terakhir ke pipis. Kalo udah hapal jam biologisnya, biasanya toilet training akan lebih efektif. Misal, setengah jam setelah minum susu biasanya Habib akan pipis, atau kalo gw solat biasanya dia pipis, jadi dipipisin dulu sebelum mau solat (epic bener emang, tapi tiap kali gw solat dia akan cari perhatian dengan cara ngompol dan nangis-nangis supaya gw gak jadi solat. Hmm…nanti gw ceritain tersendiri lah cerita ini), atau kalo baru 10 menit minum tapi dia lagi suka buka-buka kulkas, mending langsung bawa ke kamar mandi, karena dingin itu mempengaruhi rasa pengen pipisnya.

Awalnya gw masih gak pede, jadi Habib masih gw pakein pospak waktu mulai toilet training. Tapi ternyata kitanya suka terlena, suka kasih dispensasi, “ya udah la gpp kalo tiba-tiba lupa ajak ke kamar mandi, aman lah…masih ada pospak ini”. Anak juga jadi gak ngerasain sensasi ngompol dan basah. Akhirnya habib jadi gak dipakein pospak seharian. Tiap kali dia ngompol kita bilangin kalo pipis itu di kamar mandi. Akhirnya berhasil, sekarang tiap mau pipis dan pup, Habib narik tangan kita dan ngajakin ke kamar mandi. Oh ya…sampe sekarang sih dia gak ngomong kalo mau pipis (walaupun sebenernya dia bisa bilang kata pipis).

Yang jadi masalah sih sekarang dia suka nahan-nahan pipis, jadi kalo gak kebelet banget dia gak ngajak kita ke kamar mandi, jadinya saking gak tahan lagi nahan pipisnya yang udah penuh, baru sampe pintu kamar mandi udah jebol duluan pipisnya. Hahaha. Btw….karena dia suka nahan pipis, jadinya kami harus sering-sering ngajakin dia ke kamar mandi walaupun dia belum ngajakin kita ke kamar mandi, dan Alhamdulillah Habib selaul pipis tiap kali diajak ke kamar mandi.

Gimana dengan ompol malem? Alhamdulillah udah berhasil juga, sempet-4-5 kali accident ngompol malem, tapi Alhamdulillah sampe sekarang udah gak ngompol lagi. Caranya, pastikan aja sebelum bobo anak udah dipipisin dulu dan gak minum susu (hhm…eh tapi sekarang walau minum susu sebelum tidur juga habib gak ngompol lagi).

Kalo jalan-jalan keluar juga udah gak ngompol lagi dan gak pake pospak. Tapi yang suka jadi masalah kalo jalannya agak lama, Habib jadi nahan pipis walaupun udah diajak ke toilet. Soalnya Habib takut sama toilet umum. Walaupun toiletnya itu bersih dan mewah, tetep aja takut, soalnya dia takut sama mesin pengering tangan sih, hahaha….

Btw….yang lucunya, beberapa hari ini, dia malah gak mau pake celana, malah minta dipakein pampers lagi. Duh…ada-ada aja deh Habib. Pe er gw selanjutnya adalah ngajarin dia buka celana sendiri kalo mau ke kamar mandi dan belajar cebok sendiri. Hehehehe…

Btw….sebenernya toilet traiing ini bisa diajarin lebih cepet loh ya. Kalo kata mama dan MIL (jamannya gak ada pospak dan clodi tentunya), kami-kami ini rata-rata udah pada gak ngompol sejak umur 7 bulanan. Ya…karena mereka udah hapal jam biologis anaknya, jadi tau aja jam berapa aja anaknya perlu ditatur ke kamar mandi. Habib juga sempet gw tatur dari umur 7 bulan, dan sempet berhasil, tapi akhirnya gak gw terusin karena waktu itu gw suka sakit dan tensi gw suka drop (bahkan sering sampe 70), jadi kalo habis jongkok waktu habis taturin Habib, kepala gw suka pusing dan mau jatuh.

Bib…jorok banget sih…

kalo habis makan dan ada sisa makanan di sekitar mulutnya, Zruttt….tangannya dengan sigapnya menyapu mulutnya, terus sisa makanan yang berpindah dari mulut ke tangannya dia lap ke benda-benda sekitar, bisa jadi ke tembok, lemari, tirai atau apapun. Atau kalo gw berada dalam jangkauannya, maka dia akan ngelap mulutnya langsung ke baju gw.

Kalo lagi pilek, leleran pileknya (red : ingus) gak mau dilap dengan tissue atau sapu tangan, tapi malah digusel-gusel pake tangan sama si Habib, trus…ingus yang lengket di tangan dia lap ke bajunya atau kalo enggak, biasanya gw yang jadi sasaran empuk tempat dia ngelap ingus. Bahkan pernah loh, dengan santainya dia ngelap ingusnya dengan cara nempelin hidungnya ke kursi taman rumah, swish…swish….dan dengan santainya habis itu dia pergi tanpa merasa jijik atau bersalah (padahal saat itu gw lagi ngejer-ngejer dia buat ngelap ingusnya dengan sapu tangan).

Tadi sore, karena asyik berkebun (ehh…nyabut rumput maksudnya), gw gak ngeh kalo dia narik-narik gw ngajak ke kamar mandi dan nunjukin gesture mau pup (sampe sekarang sih Habib belum bisa bilang kalo ma pup, tapi narik-narik tangan ngajak ke kamar mandi kalo mau pup). Jadinya dia pup di halaman rumah di samping gw yang sedang merumput. Gw baru ngeh dia pup waktu dia ngelap-ngelap kakinya yang kena pup ke baju gw. Ya ampuunn Habib…….

Dudududu……anakkuuuuuuuuuuu….

Itu joroknya mirip siapa sih?????

Progress Percobaan Vertikultur

tanaman kangkunya tumbuh gak seragam, ada yang tinggi dan gemuk (di bagian bawah), semakin ke atas semakin kerdil

tanaman kangkunya tumbuh gak seragam, ada yang tinggi dan gemuk (di bagian bawah), semakin ke atas semakin kerdil

Entahlah…udah semingguan ini gw males banget kerja. Bawaannya pengen marah-marah. Kerjaan numpuuuuk banget, terus gw juga mesti ngeback up kerjaan-kerjaan orang yang salah dan berakibat fatal. Pyuhhh….cape deh. Padahal dua minggu sebelumnya gw udah cuti seminggu, harusnya tambah seger kan ya? Lagi bosen aja dimarahin karyawan mulu, bosen aja menjelaskan sesuatu yang gw pun sebenernya gak setuju dan gak suka. Udah mulai bosen juga hampir 5 tahun kerja di bagian yang sama. Pengen sekolah, tapi gak tau apa tahun ini bakal dibolehin apa gak sama si bos buat ikut tes beasiswa, tapi di sisi lain gw juga belum pede kalo harus sekolah ke luar negeri. Gimana sama Habib? gak kuat bok harus ninggalin anak. Secara kesehatan, gw juga masih belum pede, ini aja hampir tiap hari gerd gw kambuh mulu. Masih sering banget ketakutan kalo sendirian. Gimana kalo gw sendirian di perantauan? Fufufu…entahlah kenapa, semenjak kena gerd, nyali gw yang dulunya sekuat Hulk, jadi ciut begini bahkan cenderung jadi penakut akut, sampe seringkali gw harus ditenagin orang lain dan setengah mati harus menenangkan diri setiap harinya.

Buahahaha….pasti deh awalnya curcol dulu…… Perlu dicurigai emang, kalo tetiba gw jadi aktif ngeblog. Pasti deh karena lagi stres. Hahaha……cari pelarian sekaligus redeem stress lah.

Kalo di kantor gw butek, di rumah jadi seger lagi…soalnya mandang yang seger-seger sih. Ada Habiyah yang sekarang udah sering ada di rumah, ada Habib yang lucu, ada tanaman kebun yang menyejukkan mata, ada ikan-ikan yang kita pantau perkembangannya setiap hari. Nah…kali ini gw mau cerita tentang kebun gw lagi ah…

Jadi kan kemaren gw sempet uji coba bercocok tanam dengan teknik vertikultur (menanam secara vertikal), dari beberapa tanaman yang coba gw tanam di pot vertikal, yang berhasil tumbuh cuma tanaman kangkung, tomat dan kacang panjang doank (itu pun dengan catatan), yang lainnya gagal. Permasalahannya :

  1. Sebelum bibit ditanam, harus dipastikan dulu tanah yang dimasukkan ke pot paralon sudah padat. Caranya, sebelum ditanam, tanahnya harus sering-sering disiram. Kebetulan kan komposisi tanah untuk vertikultur gak padet-padet banget (komposisi sekam : tanah : pupuk kandangnya gw pake 1:1:1), jadi biasanya tanahnya akan turun jadi setengahnya setelah diisi. Nah…kebetulan kemaren gw kurang rajin nyiram media tanam sebelum ditanam, begitu bibit tanaman gw pindahin ke pot paralon, bibitnya malah blesek ikut turun ngikutin tanahnya, jadi gagal tumbuh deh. Hiks….sayang banget kaaaan…..!!! Nah….kebetulan pas gw share ke medsos kalo gw lagi nyobain teknik vertikultur, temen kantor gw juga ada yang lagi nyobain teknik ini. Dia rajin banget sih ya, tanamannya ditanaman satu demi satu. Pertama-tama dia isi tanah di bagian paling bawah, terus dia padetin pake tangan, dia tanam bibitnya di lobang-lobang yang udah diisi tanah padat. Trus besoknya dia isi lagi tanah di atasnya, dipadetin lagi pake tangan, trus ditanam lagi bibit tanaman, begitu seterusnya sampe atas. Jadinya lebih oke, cuma ya ituuuu…harus sabaaaarrrr. Untuk bolongan pipa paralonnya juga dia pake metode gak ngelos bolong kayak gw, tapi diblesekin ke luar, jadi bibit gak sempet blesek ke dalem.
  2. Gw cuma mengandalkan nutrisi media tanam awal (dasar pemalas), gak nambah nutrisi apa pun lagi, padahal kan media tanam seuprit gitu harus sering-sering dikasih nutrisi tambahan. Untungya kali ini tanaman gw tumbuhnya gak mengecewakan banget walaupun kurang terurus.
  3. Tanaman besarnya gak seragam, ada yang kelebihan gizi dan ada yang kekurangan gizi. Semakin ke atas, tanamannya semakin kekurangan gizi. Salah satu kekurangan teknik ini ternyata nutrisi tanamannya gak tersebar merata. Sesuai dengan prinsip gravitasi, nutrisinya pada turun ke bawah. Padahal gw udah pake pipa kapiler untuk nyebarin nutrisi (red : cuma air doank, hehehe), tapi tetep aja nutrisinya gak seragam. Tanaman yang paling bawah gede-gede dan cepat berbuah, tapi semakin ke atas tanamannya semakin kerdil dan buahnya sedikit.
  4. Agak susah masukin tanah ke pipa paraon dan mindahin bibitnya. Kebetulan gw buat pipa paralonnya rada tinggian sekitar 1,2 meter, jadi susah aja sih mau masukin tanahnya, mesti ngangkat ketek tinggi-tinggi (aceeemmm….wish…wish…mampus cium ketek sendiri) supaya tanahnya bisa masuk. Trus…mindahin bibitnya juga perlu effot, soalnya nih badan mesti meliuk-liuk dan membungkuk ngikutin posisi lobang pot.

So far…gw puas sih sama teknik ini walaupun usaha gw belum optimal banget nyobain teknik ini (masih newbie banget), jadi gw harus banyak-banyak belajar nih. Memang teknik ini butuh kesabaran dan ketelatenan yang ekstra, tapi hasilnya gak mengecewakan koq. Contohnya tanaman kangkung yang gw tanam pake teknik ini, seneng banget deh tiap 3 hari gak berenti-berenti panen.

Ini tanaman kacang panjang. Kurus2 ya...soalnya ditanam di pot bagian atas, jadi kurang nutrisi

Ini tanaman kacang panjang. Kurus2 ya…soalnya ditanam di pot bagian atas, jadi kurang nutrisi