Phobia Naik Pesawat

Habibie : Aircraft Innovator (tolong abaikan bundamu yang penakut ini ya sayang, tolong nak nati kau buatkan Bunda pesawat yang anti ajojing dan anti jatuh, hehehehe)

Habibie : Aircraft Innovator (tolong abaikan bundamu yang penakut ini ya sayang, tolong nak nanti kau buatkan Bunda pesawat yang anti ajojing dan anti jatuh, hehehehe)

Gw ini sebenernya emang tipikal penakut, tapi biasanya masih bisa gw tutup-tutupin. Dulu sih gak separah ini penakutnya, malah cenderung tipikal orang yang berani. Coba bayangin, di Palembang aja gw berani koq jalan sendirian di jam 9-10 malem, keluar ke loby rumah dini hari sambil mandang ke arah kuburan (rumah gw deket kuburan) berjam jam gak ada takut takutnya, bahkan gw sering banget penasaran pengan ngeliat yang namanya hantu (tapi Alhamdulillah gak pernah berhasil). Waktu masih di Bandung, gw bahkan cuek aja jalan sendirian kelayapan di jalanan Bandung yang gelap sambil megang laptop di tangan di jam 1 s/d jam 3 dini hari (pasti mau nanya kan itu ngapain kelayapan malem-malem?, hehehe…macem-macem lah pokoknya karena habis nonton midnight atau habis latihan biola atau habis ngerjain tugas yang gak ada habis-habisnya itu). Bukan cuma sekali sekali loh, tapi hampir tiap hari. Gw bahkan dulu dengan cueknya berantem ama preman-preman. Kayaknya dulu gak ada yang bisa buat gw takut. Cuma ya akhir-akhir ini semenjak kena Gerd, tingkat kecemasan dan parno gw meningkat drastis.  Gw takut sendirian, gw cemas berlebih kalo penyakit gw kambuh, pokoknya dah parah banget deh.

Nah…salah satu hal yang buat gw takut akhir-akhir ini adalah takut naik pesawat. Jauh sebelum ada kejadian Air Asia, gw udah takut naik pesawat. Dulu sih sebenernya gw enggak takut koq kalo naik pesawat karena kalo naik pesawat Alhamdulillah selalu dalam kondisi cuaca yang baik, jadi begitu pesawat take off sampe landing gw malah molor. Waktu kuliah dulu juga gw kebetulan suka ikut proyek-proyek dosen sampai ke daerah-daerah, udah biasa aja tuh naik pesawat ke luar kota yang jauh-jauh.  Suatu hari waktu gw sering bolak balik Palembang-Bandung buat tes masuk Perusahaan tempat  gw kerja sekarang, kondisi cuacanya cukup buruk. Itulah kali pertama gw ngalamin trouble dalam penerbangan, dari take off sampe landing pesawatnya ajojing, pokoknya mengerikan banget. Jadi…sejak saat itu gw agak-agak trauma naik pesawat. Tapi yang namanya tugas ya gak bisa dielak lah ya…mau gak mau gw harus sering naik pesawat. Tapi ya gitu deh, kalo pesawatnya goyang dikit aja gw mulai parno. Makanya sekarang sebisa mungkin kalo ada rakor pasti gw arrange buat conference aja atau gw minta rekan gw aja yang berangkat, kecuali kalo dah gak bisa dielakkan lagi gw harus harus dan harus berangkat.

Nah…Minggu kemaren kan gw harus dinas lagi (mendadak pula), dengan pesawat pertama. Subuh subuh sih gw dah maju mundur buat pergi, soalnya saking takutnya gw ampe mimpi buruk. Tapi…mau gimana lagi, gw harus berangkat. Tuh kan akhirnya gw jadi trauma lagi kan (soalnya gw paham kalo sekarang kan cuaca emang suka buruk), jadi pasti deh ada kejadian serem lagi. Di tengah perjalanan, cuaca mulai buruk dan pesawat ajojing luar biasa dan ngebut buat ngelak cuaca buruk, jadi kami tiba 10 menit lebih awal dari jadwal seharusnya. Tapi gara-gara itu gw jadi tambah parno nih naik pesawat. Sampe sekarang masih sering kebayang-bayang pesawat yang goyang-goyang dan awan-awan serem yang ditembus pesawat. Pulangnya (di hari yang sama) gw tegang luar biasa, sampe ibu yang duduk di samping gw megangin tangan gw karena ngeliat gw tegang sepanjang perjalanan di pesawat.

Sekarang gw bisa paham kenapa Chiaki Senpai (yang di serial Nodame Centabile) sampai segitu phobia-nya naik pesawat gara-gara trauma masa kecil pernah ngalamin kecelakaan pesawat. Dia rela ngorbanin mimpinya karena gak berani naik pesawat buat belajar musik di luar negeri.

Hmm…nah…tadi pagi bos gw cerita lagi kalo dia juga habis ngalamin kejadian buruk terkait pesawat. karena cuaca buruk, pesawatnya salah ambil posisi landing, jadi hampir nabrak pesawat yang lagi parkir dan gedung bandara, tapi Alhamdulillah begitu hampir dikit lagi nabrak, pesawatnya naik lagi ke atas dan muter-muter lama di atas buat cari runaway. Hii…serem kan…..!!

Kalian gimana? pada takut gak naik pesawat?

Iklan

6 thoughts on “Phobia Naik Pesawat

  1. ngeri banget, mbak. tapi syukur alhamdulillah nggak terjadi apa-apa.

    alhamdulillah saya berani, meskipun pas pertama kali juga ngeri. dan senin pagi kemarin juga naik pesawat pagi2 dengan cuaca yang masih gerimis. dan di atas sempat goyang beberapa kali. alhamdulillah selamat sampai tujuan

  2. belum pernah naik pesawat sampe sjr (katrok yaak) hahahaha
    tp denger brita pesawat jatuh dan pengalaman teman2 lain naik pesawat jd parno duluan
    wktu pulkam ke tempat suami d surabaya ditawarin naik pesawat booking tiket murah akunya gak mau udh naik kereta ajah hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s