Kapan naik pangkat?

B : Bunda (gw) ; H : Habiyah

B : Yah…doain ya biar tahun depan naik pangkat..

H : emang kenapa?

B : Biar naik gaji donk…walaupun nambah dikit, lumayanlah…trus…biar cepet jadi supervisor juga

H : Hahahaha…emang kenapa pengen jadi supervisor? bukannya katanya pengen naik jabatan tapi gak pengen di struktural?

B : jadi supervisor lebih enak yah…bisa main solitaire, ngerajut, browsing-browsing, cekikikan, buat clay. Semua kerjaan tinggal perintah anak buah. Trus…supaya mereka seneng, tinggal sogok aja pake makanan.

H : Hahahaha…., kalo ayah kapan ya naik pangkat?

B : Hmm…gak bisa lah…kecuali kalo sekolah spesialis atau masuk di struktural bukan part timer

H : bukan….naik pangkat yang lain bund…

B : ???

H : naik pangkat jadi BAPAK BERANAK DUA

B : Hahahahaha

***kapan ya???

Iklan

Suka Duka jadi HR Staf

Hampir 5 tahun gw jadi staf HR di kantor gw. Sejak awal diterima sampe sekarang gak pindah-pindah bagian. Sebenernya gw gak tau sih apa dasarnya orang HR di kantor gw nempetin gw di HR. Soalnya dulu pas recruitment, di wawancara user dan direksi, jelas-jelas gw gak menunjukkan kompetensi maupun ketertarikan di bidang HR. Padahal saat itu ada 5 orang kandidat industrial engineer yang keterima di angkatan gw. Koq malah gw yang dipilih untuk ditempatin di HR? Kenapa gak ditempatin di maintenance, atau logistic, atau sekper atau sistem manajemen, atau bagian apa gitu. Dugaan gw, ini gara-gara almamater, soalnya 2 orang user yang ngewawancara gw itu satu almamater ama gw dan mereka orang HR. Lucunya mereka kekeuh nempetin gw di HR padahal mereka tau banget kalo gw itu gak kompeten atau minat kesana (gw tau dari senior di HR karena dia pernah cerita kalo si user yang ngewawancara gw itu pernah bilang ke dia kalo gw itu gak minat di HR). Herannya lagi, di perusahaan manapun gw apply kerja sebelumnya, gw hampir selalu diterima di bagian HR. Entahlah apa yang mereka liat di diri gw ya?

Awal-awal kerja di HR  gw suka mutung, soalnya sering banget clash sama internal HR maupun karyawan (tapi cuma sampe nyesek di hati sih gak sampe berantem di kantor). Di kantor gw, gak semua orang HR itu merupakan orang yang memang punya kompetensi atau talent di bidang HR. Kebanyakan rata-rata diisi sama orang buangan (orang yang gak sanggup lagi kerja di pabrik, yang sakit-sakitan, atau bermasalah di unit kerja lain). Yah…semacam unit kerja wajib tampung untuk karyawan bermasalah. Makanya gak usah dibahas lah ya dalam hal pelayanan, jauhhhhhhhhhhh banget dari pelayanan HR yang seharusnya. Tapi makin kesini karena mulai diisi sama karyawan-karyawan baru yang emang kompeten di bidang HR, jadi makin baik lah. Tapi disitulah masalahnya, kita yang karyawan-karyawan baru ini jadi kayak tangan kiri (pinjem istilah temen gw, maksudnya kayak jadi tukang cebok…upsss). Hampir semua kerjaan kita kerjain sendiri (dari mulai plan, do, check, action *rantai PDCA lah pokoke), sedangkan karyawan lama ongkang-ongkang kaki, cekakak cekikik sana sini, perintah ini perintah itu, atau pura-pura gak tau. Wuii….wuii….plis deh….project di HR ini banyak banget loh….!!! remuk redam rasanya badan kerja banting tulang (aihhh…lebayitun hiperbolis dikit ahhh), sedangkan di sudut sana ada yang kerjanya cuma duduk-duduk sambil baca koran, main solitaire, ngerokok, atau ngegosip ria, makan gaji buta.

Yang susahnya lagi, kalo kita mau nerapin suatu kebijakan, misalnya tentang disipilin, hampir selalu kebentur sama orang HR-nya sendiri. Hehehe…gimana mau nerapin disiplin coba, kalo orang HR-nya sendiri gak disiplin. Gak bisa kasih contoh yang bener. Jadi kita suka banget dapet cibiran dari unit kerja lain, misalnya nih salah satu oknum staf HR yang ngurusin absen, setiap hari merepet tentang absen karyawan, tapi begitu dia sendiri telat, ehhh…malah ngeset absennya sendiri. Apalagi HR kan semacem”tempat basah” gitu karena semua kesejahteraan karyawan ada di tangan kita, jadi terkadang ada pungli-pungli supaya urusan bisa lancar (kalo ini sih oknum ya, gak bisa digeneralisir). Gara-gara nila satu-dua oknum, rusak HR sebelanga. Yah….tapi pelan-pelan hal-hal begitu mulai bisa diberantas. Makanya dulu gw suka banget makan ati, soalnya sama internal sendiri mesti sering ngerem marah.

Sebenernya udah ada dua unit kerja lain yang meminang gw, tapi akhirnya gw tolak, padahal unit kerja itu dulunya merupakan unit kerja inceran gw (karena menurut gw sesuai sama passion gw). Tapi….lama kelamaan gw jadi menikmati kerja di HR (selain karena pengen dapet pengalaman kerja 5 tahun tentunya, hehehehe *head hunter mana nih head hunter……, yah…siapa tau kan Habiyah berubah pikiran pengen pindah ke kota lain?). Semakin kesini, ternyata ilmu HR itu menarik hati gw.

Sebagai orang HR, lo bakal tau tentang keadaan karyawan-karyawan, baik itu urusan kerjaan sampe personal kayak Si A baru nikah tiga bulan trus cerai, si B anaknya autis, si C istrinya sakit parah, si D berkasus di unit kerjanya, si E banyak hutangnya…si F kolornya ijo *upps…out of the record ya…hahaha, gak sampe segitunya lah. Untungnya, gw ini mudah pelupa dan suka sabodoh amat ama urusan orang, jadi…bener-bener apapun kasus personal yang gw hadapi, gw berusaha untuk pura-pura gak tau dan gak banyak cincong. Ngeri gw…takut keceplosan trus mulai jadi bigoss trus terancam masuk neraka. Sebagai orang HR, gw bener-bener harus menempatkan empati secara proporsional, kapan gw harus terlibat secara personal dan kapan gw harus tegas.

Di HR, gw belajar cara menarik ulur emosi. Tiap orang itu unik tingkah lakunya, ada yang mesti dibaek-baekin, ada yang mesti dikerasin, ada yang mesti dicuekin, ada yang mesti dilempar pake gelas (hahaha…jangan sampe deh…). Gw jadi belajar karakter tiap orang dan bagaimana memperlakukan mereka. Jadi…kalo sekarang gw dimaki-maki, dimarahin, dilaporin ke atasan, udah biasaaaaaaaaa, padahal dulunya pas awal-awal di HR, denger orang marah lewat telpon aja gw dah gemeter dan mau mewek. Apalagi kalo berhubungan sama orang-orang pabrik karena mereka banyakan berhubungan sama mesin dan lingkungan kerja yang keras, ngomongnya selalu ngegas, kalo gw gak pinter-pinter nangkep maksud dan tujuannya, bisa berabe gw. Pokoknya prinsip gw, perlakukan orang lain seperti gw ingin diperlakukan.

Sebenernya, gw gak pure ngerjain kerjaan HR pada umumnya, kayak rekrut, assessment, desain organisasi, penempatan karyawan, tapi lebih ke ketenagakerjaan. Yah…mulai dari urusan operasional sampe ke analisis-analisis kesejahteraan. Tapi sebenernya, gw lebih banyak ngerjain project sih. Embel-embel kerjaan gw adalah “perencanaan kesejahteraan dan pasca kerja”. Nah…loh…kalo udah ngomong kesejahteraan, pasti tau lah ya itu posisi yang sangat riskan sekali. Gw harus duduk dalam dua sudut pandang sekaligus, sebagai manajemen dan sebagai karyawan. Analisisnya harus mumpuni, segala tetek bengeknya harus dipertimbangkan. Setiap efek/ dampak dan resiko harus bener-bener dicermati, bukan cuma dampak untuk satu-dua tahun, tapi bertahun tahun kemudian. Stakeholdernya banyak, gw seperti dipaksa harus mengerti semua ilmu yang berhubungan : dari mulai akuntansi, keuangan dan investasi, aktuaria, manajemen resiko, balance scorecard, anggaran, endesbla endesble. Belum lagi mesti mantengin segala peraturan : POB, SK, Undang-Undang, Perpres, dll. Kemampuan negosiasi juga harus terus diasah, harus jungkir balik mikir gimana cara memberikan argumen ke direksi, karyawan, serikat pekerja, DPR, Kejakasaan, KAP, BPK, Disnaker, Konsultan dll sehingga tidak terjadi bias.  Oiya…sama satu lagi….harus pinter-pinter mengkonsep bahasa surat (okeh…sepertinya sepele…tapi ya…satu surat aja kadang bisa bolak balik direvisi loh)

Pokoke…di HR itu nano-nano banget, lengkap rasanya : ada asem, manis, asin, pait apa lagi…, Tertarik???

Berkabung

Entah kenapa dua hari ini Habib jadi sensitif banget. Bawaannya pengen mewek mulu, dicuekin dikit mewek, lagi main tiba-tiba mewek sendiri, bangun tidur mewek. Nangisnya itu bukan nangis manja atau kesakitan, tapi nangis pilu kayak kalo dia habis nonton film yang sedih. Kita kan jadi bingung tuh kenapa bisa begitu.

Kayak kemaren pas pulang ke rumah waktu istirahat siang. Kebetulan Habib bangun dari tidur. Seperti biasa gw samperin Habib dan guling-gulingan di kasur sampe akhirnya dia guling-gulingan sendiri dan jatuh ke lantai (enggak jatuh berdebam karena kakinya nyampe duluan ke lantai). Ya…karena biasanyakalo udah jatuh begitu dia bakal naik lagi ke kasur nyamperin gw atau sibuk main sendiri di bawah kasur , jadi gw cuekin aja si Habib. Tapi setelah beberapa menit, tiba-tiba dia nangis jerit-jerit. Gw kan bingung tuh kenapa sampe begitu, gw pikir dia cuma kecil hati karena gak disamperin, makanya gw gendong and peluk dia. Tapi koq…tambah kenceng aja nangisnya gak berenti-berenti, malah tambah jadi sampe meraung-raung. Saking semangatnya nangis sampe ngompol di baju kerja gw. Lalu, gw bawa Habib ke kamar mandi, mandiin dia sekalian gw mandi juga. Akhirnya Habib diem juga, tapi habis itu nangis lagi. Karena gw mikir kayaknya ini nangisnya karena tantrum, jadi gw biarin aja dia nangis sampe puas. Rupanya ngeliat gw cuek aja, nangisnya tambah dikencengin sampe akhirnya muntah-muntah. Hueee….udah seragam kena pipis, baju ganti pun kena muntah sampe bantal dan sprei pun penuh muntah semua. Bener-bener suatu tragedi…

Tapi yang lebih tragisnya lagi nih…ternyata di kantong baju seragam gw yang kena ompol Habib itu ada Hape gw, dan hape itu kerendem bareng cucian ompol dan muntah. Omaigot….urghh… udahlah emang dari kantor lagi bete sama kerjaan ditambah pula hapenya rusak, padahal gw harus hubungin banyak client yang terkait dengan kerjaan-kerjaan deadline. Jadilah hari itu gw nelangsa sibuk telpon sana sini nanyain nomor-nomor kontak orang-orang yang mesti gw hubungi.

Sebenernya tuh hape emang udah udzur, cepat atau lambat emang udah harus diganti. Beberapa bulan yang lalu, layarnya retak seribu karena ketindih badan gw (ups…jadi malu…ketauan deh badannya berat). Tapi karena masih bisa dipake dan gak ada yang rusak (kecuali rusak mata ngeliat layar yang retak-retak), ya gw cuekin aja. Habiyah udah sering nawarin buat ganti yang baru, tapi beneran….buat orang yang gaptek dan sok sibuk macem gw (ishh…ish..ish..), si Andro itu udah terlalu canggih dan cukup lah buat gw (paling juga dipake whatsapp atau mantengin sosmed kan ya?)  dan gw masih belum ilang urat malu ngeluarin hape retak seribu di depan orang-orang.

Tapi akhirnya semua akan berpulang….entah itu karena terlindas roda zaman atau karena tragedi kena ompol yang mengerikan. Pikiran gw pun mulai menerawang, dulu di jamannya dia elok bukan rupawan. Gw masih inget, dulu….di saat yang lain masih sibuk ber BBM ria…gw kinclong sendiri pake android, tap sana tap sini. Tiap kali ngeluarin hape…cieee…semua mata akan memandang hape gw, dan si hape cuma bisa disandingin sama hape-hape macem punya manager atau GM (yang artinya gw selevel kan ya ama mereka? hahahaha). Masih terbayang saban hari bertahun tahun yang lalu betapa bahagianya gw mandangin hape gw itu karena akhirnya setelah berbulan bulan mupeng ngeliat iphone Habiyah, akhirnya dia ngehadiahin gw si andro. Harganya mahalnya bukan kepalang (menurut standar gw), seharga sebulan gaji Habiyah (walaupun setahun berikutnya harganya jatuh sampe ngejedot lantai).

Innalillahi wainna ilahi rajiun, telah berpulang ke kotak penyimpanan, si Andro, karena penyakit paru-paru basah terendem air rendeman ompol dan muntah. Dan karenanya, dengan ini gw nyatakan berduka sedalam dalamnya dan akan berkabung sampai waktu yang belum ditentukan (sampe Habiyah beliin gw hape baru *wink…wink)

*** Sebenernya, habis dikeringin si Andro sempet idup lagi. Tapi karena penyakit retak seribu yang telah dia idap berbulan bulan sebelumnya akhirnya membuat celah-celah air rendeman ompol merasuk ke dalam LED, dan terjadilah komplikasi dan meradang, sampe akhirnya ……….(hiksss…sedih untuk diucapkan) koit dalam dekapan gw.

Sampe saat ini, hapenya masih bisa berbunyi, masih terdengar nyaring suara telpon, sms, ping dan notif yang masuk, tapi gak bisa dibacaaaaaaaaaaaaaa atau dibukaaa…..