Recomended Rice Cooker

Kemaren-kemaren pas mati lampu kerasa banget deh susahnya, soalnya sekarang semua serba praktis. Mau masak nasi tinggal colok rice cooker (yah…cuci-cuci beras dikit juga lah sebelumnya), coba bayangin masak nasi jaman dulu, mesti dua kali masak, yang pertama buat masak beras jadi nasi (tapi ini belum pulen dan enak), supaya pulen habis dimasak mesti dikukus deh.Trus…kalo mau makan nasi anget, tuh nasi mesti dikukus ulang. Kan ribet tuh. Nah…sejak ada rice cooker, masak dan menghangatkan jadi lebih praktis. Gw berani jamin deh, udah hampir kagak ada rumah tangga yang gak pake rice cooker buat masak nasi, apalagi harga rice cooker juga gak terlalu mahal, bisa kejangkau hampir semua kalangan.

Tapi, banyak juga keluhan mengenai rice cooker ini. Yang pertama, nyucinya gak boleh sembarangan gosok karena nanti lapisan anti lengketnya bisa kegores. Kalo dah kegores performanya jadi menurun karena nasi bisa jadi cepet basi, berbau dan berubah warna, dan yang paling menakutkan sih bahan dalam lapisan anti lengket yang udah kegores itu berbahaya karena termasuk karsinogenik. Makanya, biasanya rice cookernya mesti sering-sering diganti. Sebenernya bagian rice cooker yang sering bermasalah sih cuma bagian wadah untuk masak nasi yang ada anti lengketnya itu, tapi sayangnya gak ada yang jual wadah anti lengketnya doank, jadi kalo wadah itu rusak berarti tetep harus beli seperangkat rice cookernya. Makanya di rumah mama dan di rumah mertua gw banyak banget bangkai rice cooker. Hehehe…

Masalah yang kedua, biasanya nasinya suka kering dan keras gitu. Nah…kalo ini sih gw gak tau masalahnya apa. Tapi intinya jadi nyebelin banget kan, pas lagi makan kegigit nasi kering yang keras. Atau mungkin ada juga yang nemuin masalah kayak di rice cooker di rumah mama, nasinya cuma bertahan sehari karena kalo dah dua hari di dalem rice cooker, nasinya jadi bau gitu.

Nah…kali ini gw mu rekomendasi rice cooker yang oke nih. Bahan wadahnya dari stainless steel, jadi gak takut kegores kalo nyucinya. Kadang…kalo wadahnya kelamaan dicuci dan lupa direndam, buat ngilangin bekas nasinya gw pakein aja sikat kawat, wadahnya tetep mengkilat tuh, gak ada sisa goresan. Nasi hasil masakanya pun oke, pulen-lembut dan gak kering di pinggirannya (walalupun gak diaduk aduk). Nasi juga lebih awet, kadang 3 harian pun masih oke-oke aja nasinya, gak basi. Kalo kegunaan, kurang lebih sama lah ya dengan rice cooker lain, bisa six ini one (menanak nasi, menghangatkan, mengukus, menggoreng, menumis, memasak sayur dan bubur). Kalo masalah kehandalan, gw gak tau ini rice cooker bisa tahan berapa lama, baru gw pake sejak pindahan Juni lalu. Mau tau merknya apa? Hmm…kasih tau gak ya?? *belagu, lo kira orang lain pada gak tau apa? Hahaha…yah…sapa tau ada yang belon tau…Mereknya Sanken

sanken.co.id

sanken.co.id

Harganya?? Cuma mahal dikit dari rice cooker biasa, kalo yang biasanya (pake anti lengket) harganya mulai dari 250rb, kalo Sanken harganya sekitar 400rb (gw lupa sih berapa tepatnya harganya). Ada sih merk yang lain yang juga pake wadah stainless, philips kalo gak salah, tapi harganya jauh lebih mahal, sekitar 700rb an. Gw beli si Sanken ini di Toko Irama Jaya (pasa 16 ilir), gw gak tau di toko lain ada apa enggak. Tapi gw pernah nanya di Home Solution, mereka gak punya merek Sanken, adanya philips doank untuk yang wadah stainless steel.

*okeh…kayaknya si Sanken mesti bayar gw atas review gw kali ini….buahaha melunjak….

Iklan

9 thoughts on “Recomended Rice Cooker

  1. Mba mau nanya nasi nya lengeket banget ga di sanken stainless inii… Di banding bhn teflon anti gores ini worth it yah?

  2. nasinya gak lengket, kalo nyucinya juga enak sih ma gosok-gosoknya soalnya gak ada lapisan teflon, jadi gak terkelupas. iya…menurutku worth it.., dari sisi kesehatan ya terutama…

  3. Makasih mbaa infonyaa.. Kmaren di hartono dibilangin lengket gegara spg nya dr produk lain.. Kalo udh tau dr pemakai langsung gini kan enak.. Mantep dah! Makasih yaaa

  4. hmm…saya jga begitu setahun sempet jadi bau sih mbak…
    intinya harus sering dibersihkan…yg nyebabib bau itu ternyata uap air ata sisa nasi yang mengendap lama…
    setelah dibersihkan jadi seger lagi

  5. Mau nanya dong, waktu pake sanken stainless ini bau stainless enggak sih? Koq punyaku bau stainless ya?
    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s