Update kabar terkini

Mau nulis random thought aja ahhh….

1. Kemaren dan hari ini, total ada sekitar 20 lebih ikan dalam kolam kita yang mati. Gak tau penyebab pastinya apa, tapi kemaren memang ada dua hal yang diubah dari ekosistem kolam kita. Yang pertama si Habib naburin garem ke dalam kolam (kayaknya sih banyak sampe habis seplastik) dan yang kedua Habiyah mindahin tanaman bambu air ke dalem pot dan dimasukin ke tepian kolam. Jadi…bisa jadi ikannya mabok karena garem atau mabok karena toxic dari pot. Hiks….rasanya sedih banget deh…apalagi ikannya udah gendut-gendut gitu….

2. Kemaren terjadi hujan petir di Palembang, gak terlalu lama sih…tapi lumayanlah karena udah berbulan-bulan ini kita kering kerontang dan menderita karena kabut asap yang tebal. Gak tau ini karena beneran hujan atau karena modifikasi cuaca untuk menghadapi final ISL hari ini antara persib sama persipura di stadion Jakabaring. Tapi…berdasarkan informasi di koran, pemerintah daerah memang sedang melakukan modifikasi cuaca sampe pertengahan november entar. Udah berton-ton garem yang ditaburin untuk nurunin hujan. Kasian si Habib, gak bisa main keluar rumah selama beberapa bulan ini karena asap. Menurut Habiyah dan laporan dari manajemen RS Pusri, di rumah sakit juga banyak banget pasien ispa. Pyuh…semoga kejadian begini gak terulang lagi di tahun mendatang.

3. Kalo yang tinggal di Palembang, udah tau lah ya kalo beberapa hari kemaren, bahkan sampe hari ini penderitaaan kita semakin bertambah. Pasalnya air (pdam) dan listrik mati bersamaan. Fufufufu….panasnya itu loh gak ketulungan. Kalo air dari pdam sih dah mulai lancar lagi, tapi kalo listrik masih belum jelas euy. Ini gara-gara PLTG-nya gak ada stok gas dan PLTGU-nya rusak. PLTG dah jalan lagi (dapet pasokan gas dari Medco), tapi PLTGU-nya masih dalam perbaikan dan diperkirakan baru bener di Januari 2015 nanti, berarti sampe Januari 2015 nanti Palembang akan mengalami pemadaman bergilir. Fufufu….gak ada pemadaman bergilir pun di PHDM sehari bisa beberapa kali mati lampu dan tegangannya naik turun terus, apalagi ada pemadaman bergilir. Hmm….bisa-bisa pada rusak nih alat elektronik. Sebenernya gw betenya sama listrik ini udah sampe ke ubun-ubun, normal-normal aja listrik kita naik turun, lampu suka terang-redup, ac suka menggerung gerung karena kurang daya tegangan, kipas angin suka kenceng-lemes, mesin cuci gak bisa dipake nyuci mode daily wash. Belum lagi tagihan listrik yang pasti membengkak karena listrik suka hidup mati gitu. Tapi…ya mau gimana lagi ya….keadaannya emang begini. Mudah-mudahan ke depannya PLN jadi lebih baik.

4. Semenjak kondisi listrik ababil gitu dan belum ada jadwal pemadaman dari PLN, kita jadi pengungsi dadakan. Hampir tiap malem kita ngungsi ke rumah mertua buat numpang tidur. Kebetulan di rumah mertua ada genset, jadi kalo mati lampu masih bisa ngidupin lampu dan kipas angin lah. Genset dan lampu emergency jadi laris manis, dan harganya pun mehong abis. Fufufufu….seandainya gw masih punya anak kicik yang masih ngASIP, pasti udah kebat kebit banget deh sama stok ASIP. Hmm….ada yang mau ngitungin gak kerugian ekonomi akibat listrik yang mati ini?

5. Oiya….coba tebak tagihan listrik gw bulan Oktober? 170rb sajah saudara-saudara. Padahal menurut hitungan kita,  bulan ini tagihan kita sekitar 350ribuan. Hehehe…siap-siap kena rapelan lagi deh di bulan-bulan ke depan.

6. Btw…gw mau ngucapin terima kasih deh buat semua peneliti yang terkait dengan lampu dan listrik, karena mereka hidup kita sekarang jadi lebih baik dan mudah. Gak kebayang ya gimana menderitanya hidup di jaman dulu yang serba susah dan gelap gulita. Hmm…jadi bisa ngerasain juga gimana rasanya kehidupan orang-orang desa yang belum tersentuh listrik dan orang-orang kekurangan yang gak mampu beli kipas angin.

7. Gw jadi kangen sama atok dan lampu petromaks/ strongkeng-nya. Dulu waktu gw masih kecil, kita cucu-cucunya paling seneng ngerubungin atok kalo atok dah mulai ngidupin lampu petromaks kalo mati lampu. Waktu masih tinggal di Bangka, yang namanya pemadaman bergilir itu makanan keseharian kita, belum lagi bencana kekeringan setiap musim panas datang. Yah…dulu gw dah terbiasa dengan kehidupan begitu….tapi koq sekarang begitu mati air sebentar dan listrik belum stabil gw dah mencak-mencak. Hehehehe…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s