Sakitnya tuh disini…..

Ada yang aneh gak liat tagihan listrik kita bulan kemaren?

20141006_121634

iyaaaaaaa…..itu koq tiba-tiba tagihan bulan kemaren jadi gedeeeeeeh banget yaaaa….

padahal budget bulanan kita untuk listrik hanya sekitar 300-400 ribu lah per bulan (dah kita hitung dengan cermat banget penggunaan listrik bulanannya), dengan penggunaan listrik kurleb untuk alat elektronik berikut :

1. Kulkas

2. Mesin cuci bukaan depan 7 kg

3. 2 AC 1/2 Pk (yang satu jarang banget dipake dan yang satu lagi dihidupin malem aja dan siang kalo Habib tidur)

4. TV

5. Setrika (setiap hari atau 2 kali sehari)

6. Magic Jar (setengah hari)

7. Kipas angin

8. TV

9. Lampu (yang kalo malem cuma dua doank yang hidup, lampu kamar dan lampu luar)

10. Lain lain : charge gadget dan laptop (xixixixi…ketauan banget deh pemalasnya gw, gak pernah buat kue-kuean, gak ada oven-ovenan atau mixer-mixeran tuh di list-nya)

Masak sih penggunaan listrik kita jadi melonjak tiba-tiba?? Walalupun kita tau kalo TDL emang lagi dinaikin secara berkala, tapi gak akan sampe naik sesignifikan itu lah, kan naiknya cuma sekitar 11 persenan.

Ternyata setelah ditelusuri penyebabnya itu akibat pembebanan bulan-bulan sebelumnya. Di bulan-bulan sebelumnya, tukang catet listriknya ngaco, asal nembak aja, atau jangan-jangan emang gak dicatet. Kebetulan sebelum kita pindahan Habiyah sempet moto meteran listriknya, itu berarti di akhir bulan Juni sudah terpakai 4000 kwh, tapi koq yang tercatat di PLN bulan Agustus penggunaan baru 3000 kwh dan di bulan September pengunaan kita jadi melonjak hampir 5000 kwh sih? Dan yang anehnya lagi, sebelum kita tinggal di sana, tagihan listriknya flat, cuma 124 ribu doank sebulan. Enggak mungkin banget kan?? wong pengontrak rumah kita itu penggunaan alat elektroniknya banyak loh…minimal sama kayak kita lah…AC-nya juga dua. Sakitnya tuh disini……di saat lagi bokek-bokeknya karena harus bayar hutang beli motor sama mertua ehh…malah kita kebobolan 2 jutaan harus bayar beban biaya orang lain.

Kwh sebelum pindah

Kwh sebelum pindah

Kami coba ngurus ke PLN buat minta surat keterangan kalo masalah itu akibat kelalaian pencatatan mereka sehingga kami bisa nagihin ke pengontrak rumah lama, tapi mereka gak mau. Fufufufu….kesel banget deh jadinya…. Coba ngontak temen-temen yang kerja di PLN, jawabannya cuma “Pindah aja ke Prabayar Nyr”….Yahhhh….payah…, itu juga gw tau kaleee….

Pas gw tanya ke temen-temen gw yang lain, mereka juga sering ngalamin hal begitu. Sakitnya itu kalo kita kebebanan biaya pengontrak rumah lama. Kalo rumahnya kita tinggalin terus-terusan sih gak masalah ya, soalnya kan itu emang pemakaian kita. Tapi….kalo tipikal kontraktor macam kita?? Dua juta itu duit loh…bukan daun….

Hayolah PLN….lebih profe lagi donk kerjanya….., coba dicari cara biar pencatatannya bisa online karena pengguna pasca bayar nya kan masih banyak banget….Kecebong deh customer cantik nan bersahaja macem eike

Btw….kejadian begini sih biasanya gak cuma terjadi di listrik, tapi di PDAM juga…Jadi..waspadalah…waspadalah…

so..buat kontraktor atau empunya kontrak, selain serah terima kunci dan duit kontrak, jangan lupa juga ya serah terima pencatatan pemakaian meteran listrik dan air terakhir, terutama yang masih pake sistem pasca bayar.

Iklan

6 thoughts on “Sakitnya tuh disini…..

  1. iyaaaaaaa…..hiks….
    harusnya ketika memang itu kesalahan mereka….mereka lebih bertanggung jawab ya…minimal mau lah ngeluarin surat keterangan kesalahan pencatatan.

    *sudahlah…mungkin sodakoh gw kurang…

  2. ampun nyr, 2 juta? kalo aku mungkin udah ngamuk kali sama pln dan tag-tag semua sosmed pln. haha.. #kompor

    tapi emang untuk menghindari lagi pake prabayar nyr. lebih murah juga jatohnya perbulan. tapi pake duit lagi ga ya klo ke prabayar?

  3. Hmm…pengen ngamuk sih, tapi pasti ujung2nya mesti bayar juga….ya sutralah…setidaknya dibroadcast di blog…semoga orang lain gak ngalamin kejadian begini *sundul orang PLN….tolong dibenahin sistemnya…

    iya vi, mesti bayar lagi buat beli alat dan instalasi…..

  4. ke mbak alissa krones, sapa tau dapet solusi. hihi.. kudoain deh kalian banyak rejeki klo gitu. tetep harus dibayar kan ya klo ga mau dicopot. hiks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s