Sejumput cerita tentang pindahan

Sudah sekitar 2 bulanan ini kami pindah dari rumah mertua. Rumah baru ini bukan rumah kami, tapi rumah mama yang “dipinjamkan” ke kami. Kami pakai istilah “pinjam” karena emang status rumah ini gak jelas sih, dibilang dipinjemin tapi sejak awal rumah ini dibeli sepertinya sengaja disiapin untuk kami * Ge Er. Rumah ini dibeli gak lama setelah gw masuk kerja dan akan menikah dengan Habiyah. Mama selalu bilang ke gw kalo udah nikah nanti gw harus punya rumah deket kantor, supaya bisa pulang di jam istirahat siang buat ketemu sama anak. Sejak gw nikah, mama selalu nyuruh kami untuk tinggal disana. Tapi karena mertua gw masih tinggal di luar kota dan adek ipar gw sendirian di rumah, gw sama Habiyah harus tinggal di rumah mertua untuk nemenin adek ipar. Akhirnya rumah itu dibiarin kosong aja sama mama, sampai akhirnya tahun kemaren ketika kami mutusin untuk pindah, ternyata rumah itu dua hari sebelumnya baru aja dikontrakin sama Bapak ke orang lain.

Karena ketidakjelasan status, makanya Habiyah ogah-ogahan pindah kesini. Soalnya bingung kan mesti gimana. Kalo minjem berarti kami gak bisa ngerehap atau nambah bangunan. Kalo mau dihadiahin(*hihihihi….ngarep dapet warisan) ke kami, tapi mama gak pernah ngomong to the pint.  Tapi…like I Said Before, mama selalu punya rencana tersendiri. Jadi, untuk sementara kami anggep rumah ini rumah pinjeman tanpa batas, tanpa bayar (hahaha…gratesan lagiii), suka-suka mau digimanain (asal nambah bagus dan dirawat). Pokoknya sampe kami bisa bangun rumah sendiri seperti yang kami harapkan.

Sempet maju mundur sama niat pindahan ini, apalagi kalo ngeliat Habib lagi main sama kakek dan mikir betapa bakal kesepiannya mertua gw dan betapa bakal sengsaranya Habib di rumah baru yang saking kecilnya mau selonjor pun susah. Si pengontrak rumah mama pun sempet memohon untuk memperpanjang kontrakan karena kondisi istrinya yang sebentar lagi akan melahirkan. Tapi….Habiyah akhirnya nguatin gw kalo kami harus secepatnya belajar mandiri dan mengatur kehidupan keluarga kami sendiri. Bersamaan dengan rencana kepindahan, rumah kami yang di Sukabangun juga selesai dan….jauh lebih besar, lebih bagus dan lebih kokoh. Tambah gamang deh jadinya. Pengen tinggal di Sukabangun, tapi kan jauhhhhhh. Bisa gak rumah Sukabangun dipindahin aja ke PHDM? hahaha…simsalabim…abrakadabra….tetot…tetep gak bisa juga. Ya udinlah….terima nasib ajah, yang penting kan rumah PHDM deket dengen kantor dan deket dengan fasilitas lainnya.

Bismillah….semoga kepindahan ini membawa keberkahan pada keluarga kecil kami….Amiiiinnnn

Karena rumahnya habis dikontrakin, jadi kami mutusin untuk merehap dulu rumah itu sebelum ditinggali. Kondisinya cukup parah sih saat itu, dindingnya pada kusam dan gompel, gak ada garasi, rumput-rumput yang tinggi-tinggi dan banyak bagian rumah yang bocor. Jadi…lumayan banyak lah budget yang mesti disiapin untuk rehap-merehap ini. Apalagi kualitas bahan dan kualitas pengerjaan rumah yang dilakuin developer perumahan ini jauh dari kata “bagus” dan tidak sesuai spec. Misalnya…kayu atapnya baru ketahuan kalo dicampur dengan kayu gelam, instalasi listriknya semrawut dan gak safety (kabelnya gak dipipain dan dipuntel-puntel aja sembarangan), rumahnya miring sana-miring sini, dindingnya gak kokoh. Salahnya, waktu rumah ini dibangun hampir gak pernah diawasin sama Bapak *efek terlalu percaya kalo semua orang itu sama baiknya dengan dirinya. Belum lagi masalah perlistrikan. Di komplek perumahan kami itu listriknya gak stabil, voltasenya di bawah 200Volt, jadi…ya…beberapa peralatan elektronik rada-rada gak stabil kerjanya dan cukup membuat rempong dan kesel *semoga aja gak cepet rusak.

 

Inilah rumah baru kami. Eits...salah...rumah tetangga samping rumah dink... , gimana mau tepe-tepe coba kalo tetangganya pada anak gedongan yang pagernya tinggi-tinggi begini??

Inilah rumah baru kami. Eits…salah…rumah tetangga samping rumah dink… , gimana mau tepe-tepe coba kalo tetangganya pada anak gedongan yang pagernya tinggi-tinggi begini??

 

20140605_165440

Baiti Jannati *abaikan si endut yang kece badai itu ya…

 

Karena sejak awal nikah kami tinggal di rumah mertua, jadi kami bener-bener harus mulai dari nol, gak ada satu pun peralatan rumah tangga yang kami punya. Pindahan ini bener-bener menguras pos tabungan kami, walaupun dah disiapin dari jauh-jauh hari tapi tetep aja over budget sampe dua-tiga kali lipat dari budget donk. Sampe sekarang pun, walau kami sudah bokek sebokek bokeknya, tetep aja rumah kami masih melompong, cuma diisi sama kebutuhan peralatan primer. Untungnya rumah yang kami tinggali sekarang cuma rumah kecil, kurleb 54 meter persegi sajah. Jadi…kalo melompong mah…sah-sah aja kan ya? Diisi mainan Habib juga udah penuh tuh rumah….hehehe…

Oya…banyak hal yang berubah sejak kami pindah :

1. Gw yang tadinya biasa jadi anak kampung, sekarang jadi anak kompolek.Ternyata jadi anak kompolek itu gak mudah ya. Yang tadinya bisa hana hene sama tetangga, sekarang bengong karena tetangga kayaknya (kayaknya loh ya) pada individualis *wokeh…anggap aja mereka sibuk bekerja. Susah banget loh cari momen bisa negur tetangga. Jadi gw mesti ektra kuat tepe-tepe-nya sama tetangga. Mulai lah ilmu SKSD gw keluar. Doakan kami bisa segera beradaptasi dengan lingkungan baru kami ya….

3. Gw memaksa diri berani pake kendaraan sendiri. Jadi, sekarang gw sepedaan kalo ke kantor. Yihiwww…akhirnya gw sepedaan lagi setelah sekian lama gak sepedaan. Oya, sepeda ini adalah harta pertama yg kami punya setelah menikah. Waktu itu keuangan bener-bener lagi morat marit. Niatnya sih kalo Habiyah ada waktu kami mau sepedaan bareng setelah gw pulang kerja. Gimana…so sweet kan? Kalo sepedaannya dah lancar, gw mau lanjut pake motor dan mobil ahhh….*cuit…cuit….

3. Habiyah gak ada alesan lagi buat gak olahraga : sepedaan, renang dan fitness. Soalnya fasilitasnya deket sih. Doakan program peng-idealan berat badannya Habiyah berhasil ya….Amiiiiinnnnnnnnnnn……

4. Gw juga jadi lebih kreatif, ya..karena ruang gerak gw gak terbatas. Ini berhubungan sama masalah kenyamanan dan kebebasan hati sih. Gw merasa lebih bahagia karena lebih bebas berekspresi. Kalo masih numpang kan mesti banyak banget hati yang mesti dijaga. Kalo sekarang…suka-suka gw lah mau ngapain, mau nonton sambil ngupil, mau makan sambil angkat kaki, mau nonton tipi atau masak kue tengah malem buta, mau pake hotpant . Pokoknya…bebassssssssssss…..

5. Jarak rumah ke kantor yang sangat deket membuat waktu gw lebih efektif dan efisien. Gw masih sempet nyapu-ngepel-gosok-nyuci-beres-beres-nyiram tanaman (dan hopefully nantinya sempet masak juga) setiap pagi. Walaupun beban kerjaan rumah tangga tambah banyak (bandingkan, waktu di rumah mertua gw hampir gak pernah nyuci, nyapu, ngepel, masak dll, sekarang mesti ngerjain sendiri) tapi gw gak ngerasa capek ya dan malah lebih produktif.

Sekian cerita tentang pindahan. Pengen cerita banyak sebenernya, tapi dikejer-kejer deadline kerjaan mulu tiap hari. Yang mau silaturahmi ke rumah kami, yuk dihaturi…

Oya…sekarang gw dapet bos baru, cewek, dan bagian gw yang tadinya ada 5 orang sekarang tinggal 3 orang, ditambah kami harus ngerjain kerjaan staf manager *mabokkkk…., mana tahun ini lagi banyak-banyaknya project. Herannya, biar kerjaan tambah banyak, tapi koq gw tambah happy ya?? tambah semangat kerjanya…*freak…

Woke…..Semangat Senin Pagi….

Dirgahayu Indonesia ke 59….semoga selalu merdeka dan tambah Jaya….

Tinggalkan Balasan

